Minggu, 06 Maret 2011

Strategi Supply Chain

Strategi Manajemen Rantai Pasok


DEFINISI SUPPLY CHAIN

Supply chain adalah sebagai kumpulan kegiatan dan aksi strategis si sepangjang supply chain yang menciptakan rekonsiliasi antaa apa yang dibutuhkan pelanggan akhir dengan kemampuan sumber data yang ada pada supply chain tersebut.
Strategi ini sangat penting untuk menciptakan daya saing di pasaran.
Tujuan strategi :
·         Mempertemukan aspirasi pelanggan dan kemampuan supply chain.Dari segi pasar harus menyediakan produk yang murah, berkualitas, tepat waktu dan bervariasi

Tujuan strategi ini dapat terwujud apabila internal supply chain memiliki kemampuan untuk menciptakan efisiensi, kualitas, kecepatan, fleksibilitas, dan kemampuan berinovasi.
Untuk menciptakan strategi yang tepat, suplly chain harus memahami karakteristik produk dan pasar dengan baik. 
Ada dua klasifikasi umum karakteristik produk pada supply chain yaitu :
produk fungsional dan produk inovatif.
Strategi supply chain untuk kedua produk tersebut tidak sama. Produk fungsional lebih tepat didukung oleh strategi efisiensi fisik, sedangkan produk inovatif harus didukung oeh supply chan yang responsif terhadap kebutuhan pasar.
Strategi supply chain harus didukung oleh kebijakan  atau keputusan taktis yang terkait. Keputusan atau kebijakan itu meliputi lokasi fasilitas, sistem produksi, persediaan, transportasi, pasokan, dan pengembangan produk.
Erat kaitannya dengan strategi supply chain dalah penempatan decoupling point. 
Decoupling point adalah titik temu anara kegiatan yang disetir oleh permintaan pelanggan dan kegiatan yang dilakukan atas dasar ramalan. 
Fokus supply chain di sebelah hulu dan sebelah hilir supply chain tidaklah sama. Efisiensi fisik lebih tepat untuk kegiatan si hulu posisi decoupling point sedangkan aspek fleksibilitas, inovasi dan kecepatan respon penting pada kegiatan di sebelah hilir decoupling point.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar