Senin, 07 Maret 2011

Sejarah Teknik Industri Universitas Persada Indonesia YAI


logo Universitas Persada Indonesia YAI


Sejarah Teknik Industri UPI Y.A.I

Jurusan Teknik Industri Universitas Persada Indonesia Y.A.I (UPI Y.A.I) didirikan pada tahun 1994 dan berada di bawah Fakultas Teknologi Industri. Pada awal berdirinya jurusan ini belum memiliki ketua jurusan secara definitif sehingga operasional jurusan sehari2 ditangani oleh Sekretaris Jurusan : Ir. Eka Rakhmat Kabul dan Kepala Laboratorium : Ir. Iswan Almy, sehingga kedua orang inilah dianggap sebagai pendiri jurusan Teknik Industri di UPI Y.A.I, sementara itu sebagai pembinanya adalah 2 orang pakar Teknik Industri di Indonesia yaitu DR. Ir. Iftikar Z. Sutalaksana (masih menjadi pembina hingga saat ini) dan Prof. DR. Ir. Mathias Aroef, MSIE (sekarang non aktif). Jumlah mahasiswa angkatan pertama sebanyak 40 orang, dengan dosen sebanyak 5 orang. Kurikulum 1994 mengarah kepada manajemen industri sesuai dengan nama program studinya pada saat itu Teknik & Manajemen Industri. Saat awal berdiri tersebut kedudukan jurusan Teknik Industri beralamat di Kampus LPT Y.A.I Jl. Biru Laut Timur Kelapa Gading Jakarta Utara

Dalam perkembangannya ternyata jurusan ini mendapat sambutan yang sangat baik oleh masyarakat sehingga jumlah mahasiswa kian bertambah setiap angkatannya yang terdiri dari kelas reguler pagi dan kelas reguler sore yang biasanya diikuti oleh karyawan/pegawai pemerintah maupun swasta. Seiring dengan perkembangan itu maka pada tahun 1997 diangkat pejabat jurusan secara definitif yaitu Ir. Eka Rakhmat Kabul (Ketua Jurusan), Ir. Iswan Almy (Sekretaris Jurusan) dan Ir. Syofyan Siregar (Kepala Laboratorium). Kurikulum pada tahun 1997 berubah arah menjadi Tekno Ekonomi dan sesuai kesepakatan Forum Badan Kerjasama Program Studi Teknik Industri Se-Indonesia nama jurusan kembali kepada nama awal pada saat berdirinya jurusan Teknik Industri di Indonesia pada tahun 1971 yaitu Teknik Industri hingga saat ini. Pada tahun ini pula kampus berpindah alamat ke Jl. Salemba Raya No. 7 - 9A Jakarta Pusat hingga saat ini.

Pada tahun 1999 terjadi pergantian personil untuk sekretaris jurusan dari Ir. Iswan Almy kepada Al Ikbal Arbi, SMI.

Tahun 2000 melihat prestasi dan perkembangannya, pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional melalui Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan akreditasi pada jurusan Teknik Industri UPI Y.A.I dengan peringkat sangat baik.

Pada tahun 2001, jabatan sekretaris jurusan dipercayakan kepada Fajar Kurniawan, ST.

Tahun 2002 terjadi rotasi personil secara fundamental di jurusan Teknik Industri yaitu Al Ikbal Arby, SMI, MT (Ketua Jurusan), Ir. Syofyan Siregar, MM (Sekretaris Jurusan) dan Fajar Kurniawan, ST (Kepala Laboratorium & Studio), sementara itu Ir. Eka Rakhmat Kabul, M.Sc dipercayakan sebagai Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri. Pada tahun yang sama, kurikulum juga berubah dimana saat itu kurikulum diarahkan pada Tekno Ekonomi khususnya Industri Kecil dan Menengah.

Pada tahun 2004, laboratorium Teknik Industri mengalami perubahan yang sangat signifikan dimana materi praktikum berubah total dari yang tadinya terdiri dari praktikum2 yang sifatnya terpisah menjadi praktikum yang lebih terintegrasi sehingga menyerupai model sistem industri yang sesungguhnya. Pada tahun ini juga ada penggantian pimpinan jurusan yaitu Diah Pramestari, ST, MT (Ketua Jurusan); Henni, ST, MT (Sekretaris Jurusan) dan Al Ikbal Arbi, SMI, MT (Kepala Laboratorium & Studio).

Tahun 2007, sesuai dengan perkembangan keilmuan dan permintaan pasar, Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan (FTSP) dihapuskan, digantikan oleh Fakultas Teknologi Informasi (FTI) serta Fakultas Teknologi & Desain (FTD), sehingga jurusan Teknik Industri ikut bergabung di bawah FTD, pejabat jurusan tetap sama hanya Ir. Eka Rakhmat Kabul, M.Sc dipercayakan sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik yang baru di FTD sekaligus merangkap sebagai Kepala Unit Penjaminan Mutu FTD dan Wakil Koordinator LPT Y.A.I Bidang Akreditasi dan Program Studi LPT Y.A.I.

Saat ini jurusan Teknik Industri UPI Y.A.I memiliki lebih dari 400 orang mahasiswa, 24 orang dosen tetap dan 15 dosen tidak tetap serta 17 orang tenaga pendukung administrasi dan lain2. Seluruh dosen yang mengajar memiliki pendidikan S.2 dan atau S.3. Peralatan laboratorium yang dimiliki terdiri atas mesin2 produksi (milling, lathe, dll), perancangan kerja & ergonomi (anthropometri chair, hand dynamometer, push pull dynamometer, dll) serta software2 aplikasi (manequin, quant system, expert choice, dll).

Alumni Teknik Industri UPI Y.A.I saat ini tersebar di seluruh nusantara baik di instansi pemerintah maupun swasta bahkan beberapa diantara alumni ada yang bekerja di luar negeri (
Singapore, Australia, Canada
, dll).

Organisasi kemahasiswaan dan alumni yang ada jurusan Teknik Industri UPI Y.A.I adalah HIMMATRI (himpunan mahasiswa teknik industri) dan IKATRI (ikatan alumni teknik industri).

Repost from :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar