Minggu, 06 Maret 2011

Pengelolaan permintaan dan perencanaan produksi

Pendahuluan
Permintaan terhadap barang atau jasa adalah awal dari semua kegiatan supply chain. Kegiatan produksi, pengiriman, perancangan produk dan pembelian material semua mengikuti permintaan yang datnag dari pelanggan.
Pada perusahaan make to stock (MTS), kegiatan produksi, pembelian material, dan pengiriman produk ke tempat penjualan dilakukan sebelum perusahaan tahu berapa produk akan terjual. Pada system produksi make to order (MTO), beberapa aktifitas seperti perakitan akhir dan pembuatan komponen memang bisa ditunda sampai ada permintaan definitif, namun tetap sebagian aktifitas seperti penyediaan bahan baku dan kapasitas dilakukan atas dasar perkiraan atau ramalan.

PERAMALAN PERMINTAAN VS PENGELOLAAN PERMINTAAN

Peramalan permintaan adalah kegiatan untuk mengestimasi besarnya permintaan terhadap barang atau jasa tertentu pada suatu periode dan wilayah pemasaran tertentu. Atau dengan kata lain ramalan dibagi menjadi 3, yaitu dimensi waktu, dimensi produk, dimensi wilayah.
Ramalan yang tidak akurat dapat menimbulkan permasalahan dalam supply chain.

Demand management adalah upaya untuk membuat permintaan lebih mudah dipenuhi oleh supply chain. Dengan kata lain diupayakan dengan aktif menyakinkan bahwa profil permintaan pelanggan memiliki pola yang halus sehingga mudah dan efisien untuk dipenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar