PERANCANGAN PRODUK BARU DALAM PERSPEKTIF SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
PENDAHULUAN
Perancangan produk baru adalah salah satu fungsi vital yang sejajar dengan funfgsi-fungsi lainny seperti pengadaan material, produksi, dan distribusi.
Siklus hidup produk yang semakin pendek membawa banyak implikasi terhadap bagaimana perusahaan bersaing di passar serta bagaimana mereka harus mengelola aktivitas-aktivitas supply chain.
TIME TO MARKET SEBAGAI FAKTOR KEUNGGULAN BERSAING
Fase-fase kegiatan dalam perancangan produk secara umum adalah :
· Idea generation
· Business / techincal assessment
· Product concept
· Product engineering & design
· Prototype design
· Test and pilot production
· Manufacturing ramp up
· Launch
Cara yang bisa dilakukan perusahaan euntuk memperpendek time to market, diantaranya :
1. Keterlibatan banyak pihak mulai dari wakil-wakil bagian (Fungsional) di dalam perusahaan maupun pihak luar seperti supplier dan pelanggan
2. Manajemen proyek yang bagus
3. Tim perancangan produk yang solid, dinamis dan enerjik
4. Serta, teknologi yang mendukung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar